Sabtu, 12 September 2015

Filled Under:

Cara Agar Tetap Tenang dan Tidak Stress Saat Menghadapi Proses Persalinan

Tips Supaya Tetap Tenang dan Tidak Stress Saat Menghadapi Proses Persalinan


Semua wanita bisa dipastikan ingin memiliki anak yang berasal dari darah dagingnya sendiri. Meski demikian, proses cara melahirkan dapat membuat sebagian wanita merasa takut, cemas, dan stress, terlebih bagi seorang wanita yang baru pertama melahirkan. Ditambah kabar yang mengatakan tentang bertapa sakit dan melelahkannya proses persalinan. Beratnya proses melahirkan sampai-sampai dikatakan bahwa seorang ibu mempertaruhkan nyawa saat melahirkan seorang anak. 


Namun, di balik itu  semua kelahiran seorang anak di tengah-tengah keluarga merupakan anugrah yang tak terkira dari Tuhan. Di luar sana tak terhitung banyaknya pasangan yang telah bertahun tahun menikah, belum juga dikaruniai keturunan, dan sangatmerindukan kehadiran seorang anak dalam rumah tangganya. Oleh karena itu jika saat ini anda tengah cemas, takut, dan stress mendapatkan kepercayaan dari Tuhan sehingga dipercayakan seorang anak dalam pengasuhan anda. So, anda lebih beruntung daripada pasangan-pasangan lain di luar sana yang masih menantikan hadirnya buah hati di rumahnya. Yang perlu anda lakukan saat ini hanyalah mengatasi rasa takut tersebut, lalu fokus pada proses persalinan nanti, agar bisa melewatinya dengan baik, sehingga anda dan bayi dalam kandungan anda selamat. Berikut ini tips agar tetap tenang dan tidak stress menghadapi persalinan yang akan anda lewati:

Tidak Perlu Panik Saat Awal kontaksi


Konon proses persalinan anak pertama memerlukan waktu lebih lama dari pada persalinan anak kedua, ketiga, dst. Namun jangan khawatir, hal itu tidak selalu benar. Untuk ibu hamil yang baru pertama hamil, akan cemas saat kontraksi awal, bisa jadi karena belum ada pengalaman. Anda tidak perlu panik, tenang saja, anda hanya perlu meminta suami atau orang terdekat dengan anda untuk memanggil dokter. Dokter/ bidan akan membantu anda mengenali tanda-tanda penting persalinan. Dalam hal ini anda sangat perlu untuk bersikap tenang, agar memudahkan dokter memonitor kontraksi rahim. Jika belum bisa tenang, coba tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan lewat mulut perlahan-lahan. Ulangi hingga anda bisa merasakan ketenangan.

Terus Aktif Saat Mengalami Kontraksi


Saat persalinan semakin dekat, kontraksi akan semakin sering. Saat tiba waktunya, jangan hanya pasrah dan berbaring saja, anda dapat berjalan-jalan dengan ditemani seseorang saat kontraksi berhenti. Usahakan posisi badan tegap untuk mempercepat pembukaan dan membuat bayi turun. Jika anda hanya berbaring, anda beresiko mengalapi persalinan yang lebih sulit.

Makan dan Minum Cukup Sebelum Proses Persalinan


Proses melahirkan akan membutuhkan energi yang besar dan serta akan menguras banyak cairan dalam tubuh anda, oleh karena itu sangat penting ibu hamil mendapatkan asupan makanan dan minum yang cukup sebelum proses persalinan, termasuk antisipasi bila proses persalinan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jangan sampai anda kurang asupan makanan karena nantinya anda tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk mengeluarkan bayi anda. Namun tidak baik juga makan terlalu banyak.

Hipnoterapi Dapat Membantu Anda Merasa Lebih Tenang


Jasa hipnoterapi telah banyak dihadirkan di sebagian rumah sakit modern, sebagai pendamping dokter. Jasa hipnoterapi akan membantu anda belajar menenangkan diri, teknik bernafas yang baik, belajar memikirkan hal-hal yang indah (memvisualisasikan dalam pikiran anda). Saat ini hipnoterapi dipercaya membuat ibu hamil lebih tenang.

Demikian beberapa tips hamil agar anda tidak stress dan tetap tenang saat menanti waktu kelahiran buah hati anda, selain itu berdoa juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran.

0 komentar:

Posting Komentar